jump to navigation

Pemadaman Lagi PART I September 6, 2009

Posted by matinu in Me.
trackback

Pemadaman Part I

Assalamu’alaikum.wr.wb

Hari ini terjadi lg pemadaman.
Pemadaman tejadi lagi hari ini.
Hmmm….mbulet aja…Intinya hari ini Padam.
Pembangkit yang tadinya ada 2 unit, rusak satu.
Kalo gw jelasin rusaknya kenapa, kasihan yg baca blog ini pasti tambah sakit kepala…alias pusiiiiing.
(Hehhehehe…itu alasan gw aja, padahal gw juga ga ngeh urusan pembangkit…xixixixi).

Kalo pemadaman begini ingat waktu gw masih baru tinggal di ALASKA (Alas Kalimantan maksudnya).
Saat itu terjadi pemadaman selama 36 jam dan cuma menyala 6 jam.
Hmmm..pasti bingung ya…kan dimana-mana 1 hari cuma 24 jam.
Disini pemadaman 36 jam dan cuma 6 jam nyala.
I mean : 36 jam padam, trus nyala 6 jam, trus padam lg 36 jam, trus nyala lg 6 jam…
Mungkin namanya diganti jadi penyalaan bergilir, bukan pemadaman bergilir lg.
Ini terjadi kurang lebih 16 hari.
Mungkin inilah salah satu penyebab program keluarga berencana (KB) milik pemerintah tidak berjalan dengan sukses.
Gw sebagai salah satu kaum terpelajar di Kabupaten Berau, dan waktu itu saya kebetulan sedang menyusun Thesis S2 di Salah satu Universitas terkemuka di German dan melibatkan Tim dari BPS.
Mengangkat Topik Korelasi Pemadaman dan Jumlah penduduk, dan hasilnya belum sempat saya Patentkan.
Kebetulan saya beri Nama Hukum Matinu II , berbunyi
“Pertumbuhan penduduk berbanding lurus dengan jumlah pemadaman”

Ah…gw jadi ngelantur…kembali lg ke topik  Pemadaman

Pembaca yang budiman, anda mungkin menyimak tulisan saya di bawah ini, betapa besar pengaruh pemadaman berkaitan dengan psikologi seseorang.
Berikut ini saya paparkan dampak serius yang dimana sebagai kelinci percobaannya saya sendiri.
Dampak serius Psikologi yang gw alami saat itu adalah :

1. Siklus boker gw jadi berubah, padahal jam makan gw tetap…fiiiuuhh hari yang berat bg gw. Gw harus berjuang melewati itu semua sendiri. Jauh dari keluarga….bayangkan betapa beratnya seorang Haris Matinu Triyanto, S.T melewati cobaan itu sendirian.

Gimana ga berubah siklusnya, gw jadi harus sering nahan boker.
Kalo pas malam-malam gw pengen boker trus gelap2an gw jadi takut.
Gw takut digodain sama cewek-cewek di sini trus ntar di intipin…
(wakakakaak…siapa juga yg tega godain gw…kaya’nya kebalik..xixixi)

Atau juga kalo gw pas boker, sebelah gw ada suster ngesotnya…hiiii seyyeeeem booo
(alias kasian suster ngesotnya, pas ngesot perjalanan pulang dari nakut-nakutin,  ga ngeliat gw lagi boker)

trus dia jalannya kan bisa nembus tembok, dan mungkin sarangnya di rawa2 deket mess gw, eh waktu nembus tembok kamar mandi gw nginjak hasil pencernaan yang sedang bersusah payah gw kluarin(karena kurang serat)…
mungkin kalo si pocong, paling2 cuma nginjek aja…dan dia paling cuma nyuci sandalnya(eh ada pocong yg pake sandal ga ya?)hmmm..wat eper lah… paling tidak kan si pocong cuma nginjek doang…lha kalo suster ngesot…bayangin dia kena kotoran gw, trus ngesot2…wah bisa kemana2 tuch anu gw..bisa2 dia pensiun jadi suster ngesot,  gara2 ga pede, roknya kuning semua…wakakak(jorok ah).
Ntar di tanyain sama suster kepala “Eh kamu barisannya Mana?” Kaya dalam iklan Sabun Cuci(ga boleh sebut produk).
Ato gara2 minder gara bau badan…xixixix. Ngelantur neeh, lanjuuuuutt mang…

2. Jadwal nonton sinetron gw juga berubah.
Gimana ga berubah, giliran mo nonton tipi, listriknya lagi padam.
Giliran listrik nyala, stasiun pemancarnya yang badam…BETE..BETE…ah…
Mau dengerin radio juga ga bisa, stasiunnya radionya juga cuma On Air 6 jam doang, belum iklan2nnya.
Hmmm..gw jadi mikir gaji penyiarnya cuma di bayar 6 jam aja ato penuh ya…heheh(ga penting banget gitu lho)

3. Makan gw juga nambah banyak
Hmm…kalo ini gara2 pemadaman ato emang lagi kumat ya nafsu makannya??

4. Kekurangan darah Anemia, Karena gw tiap malam harus donor darah kapada para nyamuk2 betina se Kabupaten Tanjung Redeb, dan kurang tidur…karena harus angkat telpon dari para fans PLN (alias pelanggan2 PLN)
5. Biaya hidup lebih mahal, karena harus ada Pos Pengeluaran untuk autan dan obat nyamuk bakar.

6. Terancam nyawa, karena harus ngadepi preman2…

Pause…………………………………………………………………………………………………………………..

Gw jadi inget ttg preman.
Waktu itu ada Preman yg datengi kantor.
Gw lupa namanya…kalo ga salah Dahlan atau darman..ato sapa ya…lupa gw…anggap aja Dahlan.
Hmmm…tunggu Preman koq namanya Dahlan, ga keren, harusnya namanya Musrikin ato Dzolimin ato sapa kek…koq malah pake nama Dahlan.
Datang2 sambil gebrak2 meja, baunya kaya’nya habis nenggak Spirtus satu galon…bau alkoholnya kuat banget. Gw jadi curiga, jangan2 alkoholnya ga diminum tapi dipake mandi biar kentara, keliatan sangar dan yang ngadepi dia agak njeper karena dikira mabuk padahal…….cuma sampo(heheh iklan)

Ciri-ciri Premannya, siapa tau berguna buat temen-temen kalo ketemu.
Langsung lempar batu aja kalo ngeliat dia, karena hukumnya wajib buat yang Naek Haji, lumayan bisa ngelempar Jumrah di sini, jadi ntar waktu di Mekah ga perlu lempar jumrah(emangnya premannya itu syetan…wakakakak).

Badan Gede, tinggi, kira2 beratnya 95 Kg tinggi 185 cm
Rambut Agak kriting2, tapi depan potongan poni (cute abis) belakang gondrong (jadi inget penyanyi dangdut JADUL,si Jhoni Iskandar).

joni

Neeh Conversationnya :

Dahlan : ” Sugeng Dalu” (Selamat malam -bahasa jawa)…eh ralat…masa ada preman sopan….

Gw ulangi ………………..

Dahlan  : ” Malam semua…ihk…ihk..” (Gaya setngah mabuk, cegukan kaya abis neggak miras, kakinya di naikkin ke kursi sambil gebrak meja)

Santos (Petugas Piket) : “Malam…Pak”

Gw : (Diam aja…sambil ngeliatin si preman dari ujung kepalanya sampe pinggang ajah, karena gw yakin kakinya pasti pasti ga menarik…hehehe)

Dahlan : “Kapan Rumah ku nyala, sudah dari tadi siang mati terus, padahal saya mau ngetik proposal buat ikut tender di PemKot”

Santos : “Ya pak di tunggu saja, ini petugas kami terbatas, jadi harus mnyalakan gardunya gantian”

Gw : “Hebat betul neeh preman, ikut tender di PEMKOT, ikut tender pengadaan SATPAM? Tukang Parkir atau satpol PP bagian razia Bencong?” (Dalam Hati)

Dahlan kemudian Nelp Rumahnya dan ternyata belum nyala juga lampu rumahnya.

Dahlan :  “Hoe jangan macam2, saya telp disana belum nyala…mau maen2 sama saya…kalo perlu saya obrak-abrik kantor ini” (Nada Tinggi)

Santos : “Iya pak sebentar sa..sa..sa…ya hub…hub..hubungi dulu teman2 di lapangan” (Mimik wajahnya jadi berubah, memerah…)

Santos Sambil mengambil HT, mengontak rekan2nya di lapangan.

Dahlan : “Telp polisi sana saya ga takut!!!, jangan maen2 sama saya ya”

Gw : Hmmm…kasian si santos, coba kalo gw yang jadi petugasnya…sudah…gw..gw..gw…apain ya? sudah kabur kali yee…wakakakak

Coba kalo dulu kakek gw nurunin ilmu kanuragannya, uda gw berantas orang-orang seperti dia…gw kirim jadi relawan di Afghanistan buat ikut perang/JIHAD lumayan bisa memasukkan preman ke SURGA…atau jadi TKP (Tenaga Kerja Preman) Lumayan Menyumbang $ buat devisa negara.

Hmmmm….Hari gini koq masih pake kekerasan.

10 menit berlalu…akhirnya ada kabar temen2 di lapangan kalo sudah dinyalain tuh sarangnya si Dahlan sang Preman Dangdut. Trus dia telp memastikan…dan sebelum pulang dia pamitan.

Dahlan : “Dari tadi  kek..dinyalain…kan beres urusannya…awas…kalo macam-macam ma Saya”

Akhirnya Si Buto Ijo (maksud gw Dahlan) Pulang. dan Gw bilang ke santos :

Gw : “Tos, yang sabar ya, aku dari diem saja bukan berarti gw ga bantuin tos, gw back up lo, tapi kalo dia masih tetep ngoceh…gw yang turun tangan.”

Santos : “lha mbok dari tadi disikat…orangnya baru pulang ngomong gitu..” Ngelihat gw dengan tatapan kosong…

Gw : “Jagoan itu keluare yo paling akhir”

Santos : ” Preeet”

Gw :  “Makanya dia sudah pulang itu aku berani ngomong gitu…xixixix” (dalam Hati)

Lanjut ke yang tadi……………………………………………………………………………………….

Sekian dulu cerita tentang Pemadaman……gw uda dikrubutin nyamuk neeh.

Besok dilanjut…gw jg uda ngantuk Besok Harus Sahur, trus Subuhan dan harus memberi Khotbah di Masjid agung.
(heheheheeh…kalo yang khotbah ini cuma intermeso koq).
Wassalamu’alaikum.wr.wb

Regard’s
(c) matinu

Advertisements

Comments»

1. Fenty - September 7, 2009

Temenku yang tinggal di Berau juga cerita gitu, mas, kesian banget yak! Dia cerita kalau lagi waktunya nyuci baju, ibu-ibu pada kompak keluar jam 12 malem buat nyuci, masyaAllah, nggak bisa bayangin deh.

Kapan ya Berau paling enggak kaya’ Samarinda yang walaupun ada pemadaman nggak gitu2 banget 36jam-nya … duuuhhh

matinu - September 7, 2009

Lho ada temen yang tinggal di berau ya??
Sapa fent?
Sapa tau kenal…ato jangan-jangan Mas Dony…heheheeh

2. pOe - September 8, 2009

panjaaaaaaang amaaaattt…. dan masih part 1!!! hahahahah…. lucu2, bikin aku diliatin orang gara2 senyam senyum sendiri. tanggong jawaaaaaabbbb!!! hahahahha… salam kenal mas!!! 🙂

3. oman - September 9, 2009

manusiawi bangeeet..ya….
kalau masalah pemadaman sih..Berau emang sering…apa lagi dulu-dulunya….saya numpang nginep….Biyar peeeet….
kalau melayani pelanggan yg rada garaaang…biasa…..kita harus sabar..
ujung-ujungnya……ada ada aja……tapi kalau mereda udah…kepepet
biasanya nyari-nyari dukungan……sebut saja di Dahlan….jagonya sampai manasiiiiiih???????????
Masalah hiburan…itu selalu ada dimana-mana…namun kali beda prosesnya………ini..salah satunya nulis…nulis…nulis yaaaaaa..
kembangkan terus nulisnya….kalu udah biasa jadi kereeen yaaaa…
semoga bermanfa’at …bagi semuaaaaaaaa…dapet juga imbalan yeee
ya deh sukses…

4. abdullah - September 13, 2009

wah nasib pedalaman mang sama yah ris…
kantor pln tahuna juga di demu dan dirusak oleh masa…
gara2 pemadaman semoga cepat berlalu
amien

matinu - September 13, 2009

Hehehe, berharap dirusak trus dibakar, biar kita kembali ke Pusat(hehehe doa jelek jangan ditiru..just kiddink)

5. aRuL - September 30, 2009

semoga PLN mendengarkan keluhan kita2

6. Nisa - October 12, 2009

kayax telat komentna n ga nyambung…tp setelah baca blog mz hari..laper n beteku *coz yg disuruh beli bu2r ayam dah 3 jam ga datang * jadi terobati (..lumayan…tp tetep msh laper xixixixxxxx ) ….lucune pollllllllllllllllllll

7. Pasang Iklan - December 1, 2009

wah wah wah…
makin kacau saja nih…
krisis listrik telah meraja lela..
kini pemadaman listrik terjadi di beberapa daerah.
ini tentu saja merugikan banyak pihak.

pemadaman ini diakibatkan karena konsumen pemakai listrik terus meningkat.
sedangkan pasokannya belum memenuhi.

pemadaman ini juga terjadi karena PLN menderita kerugian besar.
dimana tindakan pencurian listrik sudah merajalela
sehingga tidak terkonrol lagi pemakaian listriknya.
sehingga PLN tidak dapat mendistribusikan pasokan kedaerah2 yang terkena pemadaman bergilir.

semoga saja pemadaman ini bisa segera diselesaikan.
semoga saja perawatan serta penambahan genset oleh PLN pada induk2 pusat bisa selesai secepatnya.

Iklan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: